Sebut Siak Miliki Pelayanan Administrasi Terbaik di Indonesia, NTB Belajar ke Riau

siak

PEKANBARU (Seriau) – Pelayanan Administrasi Kecamatan yang diterapkan di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Siak menarik perhatian Nasional terbukti dengan kunjungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mempelajari sistem pelayanan administrasi terbaik di Indonesia itu.

Kunjungan Pemda NTB disambut baik oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit dan Bupati Siak Syamsuar, bertempat diruang Melati Kantor Gubernur Riau.

Terkait kunjungan itu Wagubri HR Mambang Mit meyambut baik kedatangan Pemda NTB dalam rangka mempelajari Pelayanan Adminitrasi Terpadu Kecamatan (Paten) sebuah layanan One Stop Service yang diterapkan di Kabupaten Siak.

Seperti diakui Wakil Gubernur NTB Badrul Munir, selaku ketua rombongan bersama para Camat, memaparkan ketertarikan untuk mempelajari sistem pelayanan administrasi Kecamatan. “Kabupaten Siak merupakan Kabupaten terbaik di Indonesia dalam menerapkan Administrasi pelayanan di tingkat Kecamatan yang direkomendasikan oleh Mendagri,” ujarnya.

Menurutnya pelayanan Administrasi di Siak yang berjalan sejak Januari 2012 ini, berbeda dengan kebanyakan yang dilakukan oleh Kabupaten Kota di Indonesia yang masih memusatkan pelayanan di tingkat Kabupaten.,”ini menarik berani mendelegasikan sistem perizinan kepada Camat, itu luar biasa,” ucap Badrul yang mengakui masih memusatkan pelayanan adminsitrasi di Kabupaten..

Diakui Badrul, jarang Kepala Daerah yang memiliki kekuasaan mau mendelegasikan hal tersebut ke tingkat Kecamatan. Dan dari ekspos yang disampaikan Bupati Siak Syamsuar dinilai sangat efektif. “Kita lihat efektif pelayanan lebih cepat dan peran Camat sebagai penguasa wilayah lebih optimal,” jelas Badrul lagi.

Selain ingin mempelajari sistem administrasi pelayanan Kecamatan,rombongan Pemda NTB juga tertarik mengunjungi Pustaka Soeman HS yang juga terbaik di Indonesia. “Kita juga tertarik melihat perpustakaan Provinsi terbaik di Indonesia,” pungkas Badrul yang juga keturunan Riau. ***

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS