Pemko Bentuk Tim Identifikasi Produk Unggulan Pekanbaru

bolu

PEKNBARU (Seriau) – Dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Pekanbaru segera melakukan identifikasi terhadap produk unggulan khas daerah Kota Pekanbaru.

Identifikasi ini akan di lakukan oleh tim khusus yang telah di bentuk berdasarkan Surat Edaran Mendagri No 537/2160/SJ/th 2011.

“Pemerintah Kota Pekanbaru telah membentuk tim koordinasi pengembangan promosi dan pemasaran produk khas daerah di kota pekanbaru.Rapat pertamanya sudah kita gelar hari ini Selasa (9/4) di ruang rapat Kantor Walikota yang di pimpin oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi,” ungkap Masria Kabag Perekonomian Kota Pekanbaru.

Kata Mei-Mei nama kecilnya, Rapat sudah membahas terkait tugas tim. Dan produk-produk unggulan apa saja yang akan di tampilkan sebagai produk unggulan kota Pekanbaru.

Adapaun keanggotaan tim ini terdiri dari Disperindag, Distan, Koperasi dan BPMKB kota Pekanbaru.

“Tim nantinya akan bekerja mengidentifikasikan apa saja produk khas daerah. Tadi sudah ada masukan sekitar 16 produk khas yang masuk baik makanan maupun sandang,” urainya.

Nanti hasil identifikasi ini akan di koordinasikan dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) kota Pekanbaru. Tujuannya untuk mendapatkan kebenaran data produk khas masing-masing daerah sehingga tidak ada tumpang tindih.

“Misalnya makanan khas dan sandang yang di usulkan apakah betul-betul produk khas dan mencirikan kota Pekanbaru,” tandasnya.

Katanya hasil dari identifikasi yang di setujui LAM tersebut akan di pilih satu perkecamatan dan wilayah menjadi produk unggulan dan khas setiap daerah. Kemudian produk tersebut akan di patenkan hak ciptanya.

“Tim akan menfasilitasi proses pematenan produk unggulan ini nantinya. Selain juga akan melakukan pembinaan terhadap UKM yang memproduksi produk unggulan tersebut. Sehingga di dapat one village one product (satu desa satu produk) ,” tandasnya.(lusi).

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS