DPRD Siak Ingatkan Perusahaan Bayar Upah Karyawan Sesuai UMK

salomo
SIAK,SeRiau – Setelah Upah Minimum Kabupaten (UMK) Siak ditetapkan, perusahaan diingatkan agar jangan menunda pembayaran upah sesuai UMK yang telah disepakati.

Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Komisi I DPRD Siak Ir. Salomo, M.H kepada wartawan. Dikatakannya, pada Bulan Desember 2012 Dewan Pengupahan Kabupaten Siak telah memutuskan bahwa UMK Siak tahun 2013 adalah sebesar Rp. 1.600.000. Hal ini juga sudah mendapat penetapan dari Bupati Siak.

” Sehingga menurut kami tidak ada alasan bagi semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Siak menunda pembayaran upah sesuai UMK, juga wajib hukumnya bagi semua perusahaan untuk membayar sacara rapel terhitung mulai Januari 2013,”terang Salomo .

Makanya, bagi perusahaan-perusahaan yang selama ini mempekerjaan ratusan atau ribuan karyawan, seharusnya juga menetapkan upah bagi karyawannya, yang selama ini mendapat upah di atas UMK tersebut namun telah bekerja beberapa tahun.Sehingga demikian semua pekeja atau buruh dapat menikmati kenaikan UMK Kabupaten Siak.

Oleh karena itu, komisi menghimbau agar semua perusahaan perkebunan yang ada di Kabupaten Siak, wajib memenuhi ketentuan tersebut, meskipun saat ini surat edaran dari Bupati Siak untuk UMSK perkebunan sedang dalam proses.

Ditambahkan Salomo, pihaknya juga menghimbau agar Dinas terkait segera menindaklajuti agar surat edaran Bupati tersebut segera keluar. Demikian juga untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang migas, di wilayah Siak seperti Minas, Kandis, Dayun dan wilayah lainnya agar tidak lagi memakai Standart UMK Siak, tetapi harus mengacu pada Upah Minimun Sektor Propinsi (UMSP) untuk Migas yang sudah mendapat penetapan oleh Gubernur Riau pada angka Rp. 2. 250.000,

” Dengan demikian sudah jelas sekarang pemilahan-pemilihan untuk acuan terkait kenaikan upah untuk tahun 2013 ini. Sehingga tidak perlu lagi ada dalih bagi perusahaan seolah mereka tidak mengetahuinya,”harapnya.(ram)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS