Kurikulum 2013, Guru TIK Dialih Fungsikan

kurikulum-20132

PEKANBARU,SeRiau – Kepala Unit Pelakasana Teknis Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (UPT TIKP) Disdik Riau H.Helmi D. MPd menegaskan dalam Kurikulum 2013 yang akan berlaku Juli ini, guru mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) akan dialih fungsikan ke bidang mata pelajaran lainnya.

“ Ini sudah jelas kalau mata pelajaran TIK dalam Kurikulum 2013 tidak ada. Secara otomatis guru TIK juga tidak ada. Solusinya pemerintah akan mengalih fungsikan guru yang mengajar TIK untuk mengajar mata pelajaran lainnya seperti PPKN dan lain sebagainya,” kata Helmi.

Menurut Helmi, selain dialih fungsikan ke mata pelajaran lain, para guru yang mengajar TIK juga bisa dialihkan untuk mengelola laboratorium. Sebab, diyakini masih banyak sekolah di Riau yang belum memiliki pengelola laboratorium.

” Walaupun ada, dari pengelola labor, mereka bukan tamatan TI. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah mengalihkan guru TIK untuk mengelola laboratorium,” kata Helmi.

Helmi juga menilai, alasan pemerintah tidak ada lagi mata pelajaran TIK disekolah disebabkan masih banyak sekolah di Riau yang belum memiliki sarana dan prasarana laboratorium yang memadai. Untuk memenuhi sarana prasarana labor komputer, Disdik Riau secara berangsur angsur akan menyediakan perlengkapan sarana komputer di sekoah.

” Ini masalah biaya. Kita belum mampu menyediakan secara keseluruhan sarana prasarana labor. Makanya kita anggarkan setiap tahun secara berangsur angsur,” sebut Helmi.

Menghadapi kurikulum 2013 Juli mendatang, guru mau tidak mau harus mengusai media pembelajaran dengan mengunakan Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK). Sebab, kalau guru tidak mengusai TIK maka akan ketingalan materi “ Jangan sampai guru kita gagap teknologi kalau masih ada guru yang gagap ternologi.” kata Helmi.

Sementara itu, ketua panitia Hartini mengatakan jumlah peserta pelatihan pengembangan TIK tingkat dasar bagi guru SMP/ SMA /SMK se Riau sebanyak 144 orang. Diharapkan kegiatan ini akan menambah wawasan bagi guru untuk lebih memahami tentang TIK. (zal)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS