Bangun Jalan Lintas Pesisir, Pemkab Rohil Garap Dana 417 Miliar dari Provinsi

banner 160x600
banner 468x60

ROKAN HILIR, SeRiau.com – Sejak terpisah dari kabupaten induk yaitu kabupaten bengkalis, kabupaten rokan hilir terus meluncurkan pemesatan pembangunan di berbagai wilayah kecamatan, hingga kini rohil memiliki sebanyak 18 kecamatan dengan jumlah pendudukan sebanyak 627.190 Jiwa yang terdiri dari 324.253 Laki-laki serta 302.937 Perempuan. Rohil sudah dipimpin beberapa tokoh visioner hingga kini kabupaten rokan bias sejajar dengan kabupaten kota lainnya di riau.

Rokan hilir saat ini dipimpin oleh bupati H. Suyatno amp bersama wakil bupati drs jamiluddin dimana dapat dirasakan pembangunannya sebelum memasuki seratus hari kerjanya. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa jelang seratus hari kerja suyatno jamiluddin sudah menunjukkan awal pembangunan infrastruktur yaitu pembangunan jalan alternative disisi barat dan timur ibukota kabupaten yaitu kota bagansiapiapi. Hal tersebut juga tak lepas dari jasa yang sudah diberikan oleh pemipin sebelumnya yaitu mantan bupati rohil h. annas mamun bersama h. suyatno dalam menggesa pembangunan dinegeri seribu kubah.

Dibawah pimpinan bupati suyatno, pemkab rohil memiliki program prioritas pembanmgunan infrastruktur yaitu pembangunan jalan lintas dari jembatan pedamaran hingga menuju kubu, dimana jalan lintas pesisir tersebut merupakan jalan urat nadi masyarakat baik itu untuk perekonomian hingga sebagai insfrastruktur lalulintas masyarakat untuk menuju ke berbagai daerah.
Semasa kepemimpinannya,  H. Suyatno terus menjalin komunikasi yang baik, baik itu terhadap anggota dprd riau dapil rohil hingga ke pemerintah provinsi, dalam hal untuk mendapatkan anggaran demi melangsungkan pembangunan di rokan hilir. Salah satu contoh keberhasilan bupati suyatno dalam menyuplai anggaran provinsi agar masuk ke rokan hilir, dimana pemerintah provinsi riau sudahmenganggarkan dana sebesar 400 miliyar lebih untuk pembangunan jalan lintas pesisir rokan hilir, mulai dari jembatan pedamaran menuju kubu, panipahan hingga perbatasan sumatera utara.

“ saya mengucapkan terima kasih banyak kepada rekan rekan dprd riau dapil daerah kita dan juga kepada bapak gubernur riau yang sudah menganggarkan danasebesar 400 miliyar untuk pembangunan rokan hilir terkhusus dalam pembangunan jalan lintas pesisir, “ kata suyatno saat menghadiri acara silaturrahmi IKMR di pekanbaru beberapa waktu lalu .

Ditambahkan suyatno, pemkab rohil harus sering melakukan komunikasi yang baik terhadap anggota dprd riau dapil rohil agar anggaran diprovinsi bisa disalurkan ke pemkab rohil untuk melaksanakan pembangunan.
“ bang dekati rekan kita dprd riau dapil rohil dan terus ingatkan kami untuk memasukkan anggaran yang ada di provinsi sesuai dengan kebutuhan pembangunan di rohil, “ kata suyatno menirukan penyampaian yang dilontarkan oleh gubernur riau kepada dirinya “.

 
Ket Gambar : Bupati Rokan Hilir Suyatno menyampaikan perkembangan pembangunan rohil pada acara silaturrahmi IKMR di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Anggaran sebsear 417 miliyar yang berasal dari pemerintah provinsi riau yang akan diboyong ke pemkab rohil tidak hanya membangun jalan lintas pesisir yang ditargetkan empat tahun kedepan sudah rampung.adapun pembangunan jalan lintas pesisir tersebut diantaranya dari jembatan pedamaran hingga kekubu menuju panipahan  kemudian dari panipahan tembus kesumatera utara sepanjang 3 kilo dan tahun ini dibangun melalui system rigid. 

Selain itu pembangunan yang berasal dari anggaran pemprov riau diantaranya simpang pujud menuju simpang tuju pujud sepanjang 45 kilometer kemudian dari bagan sinembah menuju simpang kana juga akan dubangun dengan system rijid.

Sementara itu dalam penyampaian gubernur riau Arsyadjuliandi rahman saat menghadiri acara silaturrahmi IKMR dipekanbaru menyampaikan program pembangunan yang akan disalurkan ke pemkab rohil.

“ bagaimana setiap investasi yang ditanamkan oleh pemerintah itu bias dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti contohnya jembatanpedamaran satu dan dua yang ada di rokan hilir, “ katanya “.

Ditambahkan arsyad, salah satu upaya agar jembatan pedamaran satu dan dua di rohil bias dirasakan oleh masyarakat, maka pemprov riau membangun jalan lintas pesisir yang dimulai dari jembatan pedamaran hingga keperbatasan sumatera utara.

“ tahap awal kita lakukan penimbunan sehingga bisa fungsional dan bisa digunakan masyarakat kemudian akan dilakukan aspal dan rigid agar bisa cepat berfungsi,kita juga akan berencana akan meneruskannya jalan yang menuju kedumai,” ujar gubri.

 
Ket Gambar : Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman Menyampaikan terkait pembangunan jalan lintas pesisir yang akan dibangun melalui apbd provinsi pada acara silaturrahmi IKMR di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Arsyadjuliandi rahman juga menyampaikan bahwa rokan hilir merupakan kabupaten yang terbanyak dalam memboyong apbd provinsi, hal tersebut berkat koordinasi antara pemkab rohil bersama pemprov dan dprd terjalin dengan baik sehingga rancangan pembangunan yang ada di rohil bias dibantu melalui dana apbd provinsi.

Jalan lintas pesisir dari jembatan pedamaran menuju kubu masuk kepanipahan hingga keperbatasan sumatera utara dahulunya sulit untuk dijangkau oleh masyarakat. Kindisi jalan yang berlumpur ketika hujan menyulitkan masyarakat untuk melewati jalan tersebut, tak jarang ada masyarakat yang terjatuh ketika melintasi jalan tersebut. Buruknya kondisi jalan lintas pesisir sangat berdampak dengan perekonomian masyarakat setempat, sebab secara dominan masyarakat bertani sehingga membutuhakn infrastruktur jalan yang sangan bagus.

Ket Gambar : kondisi jalan lintas pesisir dari jembatan pedamaran yang belum tersentuh pembangunan.

Kondisi yang buruk itukini sudah berbalik 180 derajat, dimana masyarakat dapat melihat secara langsung pembangunan jalan lintas pesisir tersebut yang digesa hingga saat ini. Jalan lintas pesisir darijembatan pedamaran sudah terlihat pembangunannya dimana saat ini sedang dilakukan penimbunanhingga menuju kubu,kondisi jalan itu sudah mudah untuk dilalui bagi masyarakat yang berada didaerah kubu dan pinapahan meskipun berdebu, namun setidaknya bias mempermudah masyarakat untuk mencap[ai berbagai wilayah terkhusus ke ibukota bagansiapiapi. pekerjaan tersebut akan berlanjut hingga tahun 2017 mendatang.
Jalan lintas pesisir merupakan program prioritas pemkab rohil pada tahun setiap tahunnya, bukti dari keseriusan tersebut pemkab rohil mampu memboyong dana sebesar 400 miliyar lebih yang bersumber dari dana apbd provinsi riau untuk membangun jalan lintas pesisir tersebut. Jika jalan lintas pesisir sudah selesai maka wilayah rohil khususnya kota bagansiapiapi akan menjadi pusat perlintasan diantara berbagai wilayah. Pemkab rohil senantiasa berupaya bagaimana jalan lintas pesisir yang didambakan tersebut bias terwujud. ( Adv/Pemkab/Humas )

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Bangun Jalan Lintas Pesisir, Pemkab Rohil Garap Dana 417 Miliar dari Provinsi"