Hari jadi 233 Tahun,  Kota Pekanbaru Dapat Kado Istimewa 2 RTH

banner 160x600
banner 468x60

 

Pekanbaru, SeRiau-

Saat Pembukaan Sidang Paripurna Dengan Menyanyikan Indonesia Raya

Hari jadi Kota Pekanbaru yang ke 233 tahun, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mendapat kado istimewa berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Jum’at (23/06/17) pagi.

Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH Membuka Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke- 233

Kado RTH itu, ditandai dengan penandatanganan 2 prasasti RTH Putri Kaca Mayang dan RTH Tunjuk Ajar Integritas, yang ditandatangani oleh Gubernur Riau, Arsyadjualiandi Rachman, di ruang Paripurna DPRD Kota Pekanbaru.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru Saat Mengikuti Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke – 233

Andi Rachman (sapaan Arsyadjuliandi Rachman,red) mengungkapkan, penyerahan RTH dari Pemprov ke Kota Pekanbaru itu, disebutkannya sebagai bentuk kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mendukung program Kota Pekanbaru menuju Smart City yang madani.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman Memberikan kata Sambutan Dalam HUT Kota Pekanbaru yang ke 233

“Ruang terbuka hijau yang dibangun Pemprov hari ini kita serahkan pengelolaannya kepada kota Pekanbaru dan dilengkapi dengan jaringan koneksi internet Wifi. Sehingga masyarakat bisa mengakses internet di RTH yang selesai dibuat,” paparnya.

Kedepan, kota cerdas Pekanbaru harus terwujud dan diijuti oleh Kabupaten/Kota lain di Provinsi Riau. Menurutnya, penerapan teknologi baru ditempat yang belum pernah ada teknologi akan lebih mudah berkembang.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman Menandatangani Prasasti penyerahan 2 RTH ke Pemko Pekanbaru

“Teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan kota cerdas dan menarik perhatian para investor. Kesuksesan menjalankan Smart City harus sejalan dengan Smart Sociaty,” ungkapnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus, ST. MT Menyampaikan Pidato Dalam Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke 233

Rapat Paripurna istimewa hari jadi Pekanbaru 233 tahun, dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril didampingi Wakil Ketua, Sigit Yuwono dan Jhon Romi Sinaga. Sementara Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, juga hadir dalam rapat tersebut. 

Pekanbaru

Pimpinan, Anggota DPRD Beserta Walikota dan Wakil Walikota, Gubernur Riau Foto Bersama Usai Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke 233

Firdaus MT hadir bersama wakilnya Ayat Cahyadi dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Riau dan DPH Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru.

Sejarah kota Pekanbaru dibacakan dalam hari jadi Pekanbaru ke 233 tahun. Sekretaris DPH LAM Kota Pekanbaru, Afrizal Usman, ditunjuk untuk membaca asal mula kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Jajaran Pemko dan Forkompinda Saat Mengikuti Sidang Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke 233

Dia menjelaskan, dalam catatan yang dibuat oleh Almarhum Imam Suhil dari Siak Sri Indrapura, Pekan yang baharu tersebut resmi didirikan pada tanggal 21 rajab hari selasa tahun 1204 hijriah bersamaan dengan 23 Juni 1784 Masehi. Sebutan awak senapelan (cikal bakal nama pekanbaru) mulai ditinggalkan dan menjadi Pekan Baharu. 

Sekretaris LAM Pekanbaru Ir. Afrizal Usman, Msi Membacakan Sejarah Pekanbaru

“Sejak itu Pekan baharu dalam bahasa sehari harinya disebut pekanbaru mulai populer yang lahir dan bertitik tolak dari tanggal, hari dan bulan tersebut,” terang Afrizal.

Pimpinan DPRD Bersama Walikota, Wakil Walikota Dan Gubri Foto Bersama Usai Paripurna Istimewa HUT Kota ke – 233

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Sahril SH menyebutkan dan meminta masyarakat kembali mengingat tentang perjuangan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Sultan Siak V) yang membangun kota Pekanbaru pada tanggal 23 Juni 1784 dan berdasarkan Perda Pekanbaru nomor 8 tahun 2005, tanggal 23 Juni ditetapkan sebagai hari jadi Pekanbaru. 

“Sejalan dengan waktu, Pekanbaru mengalami kemajuan yang cukup pesat, baik di bidang perekonomian, infrastruktur maupun sosial kemasyarakatan,” tutupnya. ( Bir)

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "Hari jadi 233 Tahun,  Kota Pekanbaru Dapat Kado Istimewa 2 RTH"