​Ingin Tampil Cantik tapi Bujet Terbatas? Begini Caranya

banner 160x600
banner 468x60

Jakarta, SeRiau – Semua kaum hawa di dunia ini pasti selalu ingin terlihat cantik dan menarik di depan orang lain. Bahkan tak sedikit yang sampai melakukan beragam perawatan dengan mengeluarkan dana fantastis.

Padahal semua itu bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah, tapi dengan hasil yang memuaskan. Jika penasaran, simak dulu tips agar Anda bisa tampil cantik tanpa mengorbankan tabungan.


1. Cukup tidur 

Tahu tidak, dengan cukup tidur minimal 6-8 jam sehari, wajah dan tubuh bisa lebih sehat? Karena di malam hari, HGH (Human Growth Hormone) kulit wajah baru bisa bekerja secara optimal untuk meregenerasi sel kulit mati.

Selain itu, pada saat tidur itulah zat kolagen yang baik untuk kulit wajah bekerja secara maksimal. Jadi tidur yang cukup sudah pasti membuat kulit terlihat segar. Peredaran darah juga menjadi lebih lancar, sehingga jerawat enggan muncul di wajah.


2. Mengkonsumsi banyak air putih 

Tidak sedikit dari kita yang lebih memilih minum kopi, teh, atau minuman dengan rasa lainnya dibandingkan air putih. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi air putih.

Dengan banyak minum air, maka tubuh terhindar dari dehidrasi yang secara tidak langsung bisa membuat bibir menjadi lebih indah dan lembut. Jadi tidak ada lagi yang namanya bibir pecah-pecah karena kering.

Air putih juga bisa mengeluarkan semua kotoran dari dalam tubuh dan wajah sehingga membuat kita terlihat lebih segar dan cantik. Tak perlu beli produk kecantikan yang mahalnya selangit. Cukup minum air putih delapan gelas per hari, Anda juga bisa tampil cantik selalu.


3. Olahraga yang cukup 

Olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan, tapi sangat sulit untuk dijalankan akibat rasa malas atau keterbatasan waktu. Mungkin belum banyak yang tahu kalau keringat yang dihasilkan dari olahraga bisa membuat kulit jadi lebih sehat dan bersih.

Saat kita berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi keringat dalam jumlah yang cukup banyak dari pori-pori kulit. Nah, kotoran-kotoran yang selama ini sulit keluar, bisa terdorong keluar oleh keringat. Alhasil, kulit wajah pun jadi lebih bersih dan segar.


4. Maskeran dengan ramuan sendiri
Ke salon memang bisa jadi solusi perawatan wajah agar lebih sehat dan cantik. Tapi saat tidak sempat ke salon atau sedang berhemat, kenapa tidak mulai rutin saja maskeran dengan ramuan buatan sendiri? Cukup browsing resepnya dan coba aplikasikan rutin di rumah. 


5. Rajin konsumsi buah dan sayuran 
Sudah bukan rahasia lagi kalau mengkonsumsi sayur dan buah baik bagi kesehatan. Tidak hanya tubuh, tapi juga kecantikan wajah. Sebab, keduanya mengandung serat dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Contohnya saja buah pisang. Buah ini diyakini mampu membantu mengencangkan kulit wajah atau mengurangi kerutan. Selain menyegarkan kulit, pisang juga mampu mengangkat sel kulit mati di wajah. Sementara itu, buah melon bisa mempercepat penyembuhan kulit wajah yang terkena jerawat.

6. Jangan malas membersihkan muka 

Semua hal besar dimulai dari hal kecil. Sama halnya untuk urusan perawatan wajah. Jangan harap bisa punya kulit wajah yang bersinar dan segar kalau masih malas membersihkan muka.

Idealnya, kita cuci muka dua kali sehari, apalagi setelah menggunakan makeup. Membersihkan wajah di pagi hari bisa melindungi wajah dari efek samping sinar matahari dan berbagai kotoran yang berterbangan di udara. Adapun mencuci muka di malam hari bisa menyingkirkan kotoran-kotoran sisa aktivitas seharian, sehingga kulit wajah bisa bernapas.

7. Batasi konsumsi kafein
Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein memang nikmat dan sudah jadi bagian dari gaya hidup orang-orang di kota besar. Tapi sadar tidak kalau kafein ternyata bisa menimbulkan dampak negatif pada kualitas kulit wajah kita?

Salah satu efek negatif kafein adalah bisa menimbulkan penuaan dini. Karena, kafein memicu penurunan produksi hormon selama usia muda, yaitu DHEA, melatonin, dan lainnya.

Terlalu sering mengkonsumsi kafein juga dapat menimbulkan flek hitam dan jerawat pada kulit wajah. Jadi mulai sekarang batasi konsumsi kafeinnya. Pasti tak mau wajah kusam dan berjerawat, bukan?

8. Terapkan gaya hidup sehat 

Pergaulan di lingkungan kehidupan sehari-hari memang bisa memengaruhi gaya hidup kita. Salah satu contohnya adalah kebiasaan mengonsumsi berbagai zat-zat yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Jauhi konsumsi alkohol, rokok, dan narkoba kalau ingin terus tampil cantik dan segar. Sebagai contoh, asap rokok membawa partikel berbahaya yang membuat kulit kusam dan juga risiko kanker. Sementara alkohol bisa membuat perut buncit. Narkoba? Bisa terkena gangguan kulit, seperti alergi dan inflamasi. 

Mungkin masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita lakukan demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Sebab, cantik itu tidak selalu berarti mahal.  (Val)

 

Sumber: liputan6.com

Email Autoresponder indonesia
No Response

Leave a reply "​Ingin Tampil Cantik tapi Bujet Terbatas? Begini Caranya"